Saturday

7 Pohon Paling Misterius dan Sangat Fenomenal dari Berbagai Penjuru Dunia

7 Pohon Paling Misterius dan Sangat Fenomenal dari Berbagai Penjuru Dunia
One web id — Pohon memiliki bentuk yang beraneka macam, ada yang biasa saja namun ada pula beberapa spesimen pohon yang lebih luar biasa dan menakjubkan yang ditemukan di berbagai penjuru dunia. Tak jarang bahkan terbilang aneh dan sangat misterius. Terkadang orang-orang tidak menyadari sifat misterius mereka, sebab ukurannya memang sangat aneh atau bentuknya yang sangat tidak biasa. Di dunia ini, sedikitnya ada 7 pohon paling misterius dan fenomenal.

1. Baobab
julielarsenmaher.com
Baobab merupakan nama umum dari sebuah genus (Adansonia) yang terdiri dari delapan spesies pohon asli Madagaskar, Afrika daratan dan Australia. Spesies Afrika daratan juga ada di Madagaskar, tetapi tidak asli negara itu. Nama umum lainnya adalah boab dan boaboa. Spesies ini mencapai tinggi antara 5–25 meter. Pohon ini menyimpan air di dalam batangnya, dengan kapasitas di atas 120.00 liter untuk bertahan dalam kondisi lingkungan sekitar mereka.

Baobab dikenal dengan pohon aneh, boleh dibilang keanehan tersebut berasal dari struktur pohon yang 'terbalik' dan hanya memiliki sedikit daun. Cabang-cabang pohon Baobab seperti mencuat ke udara, seolah-olah telah ditanam terbalik.


Menurut legenda setempat menceritakan bahwa dulu kala dewa Thora tidak menyukai Baobab tumbuh di kebunnya, sehingga ia melemparkannya dari atas dinding surga ke bumi di bawah, dan meskipun pohon itu mendarat dengan terbalik, namun aneh pohon itu terus tumbuh. Sementara cerita lain menyebut ketika Baobab ditanam oleh Dewa, pohon itu terus berjalan, sehingga Tuhan menarik pohon itu ke atas dan menanamnya terbalik untuk menghentikannya pergerakannya.


2. Oak Mayor

hdwallon.blogspot.com
Oak merupakan spesies pohon dan semak dalam genus Quercus dan beberapa genus yang terkait, terutama Cyclobalanopsis dan Lithocarpus. Genus ini berasal dari belahan bumi utara, dan termasuk spesies peluruh dan hijau abadi yang menyebar dari lintang yang dingin sampai Asia yang tropis dan Amerika.

Di jantung hutan Sherwood, Nottinghamshire, Inggris, terdapat pohon Oak Mayor adalah pohon oak raksasa. Berdasarkan cerita rakyat setempat, pohon ini dijadikan tempat bersembunyi Robin Hood ketika dirinya dan kelompoknya ditangkap. 


Diperkirakan pohon terkenal ini berusia sekitar 800 hingga 1000 tahun. Pada tahun 1790, Mayor Hayman Rooke, seorang pengamat barang antik terkenal, memasukkan pengamatannya tentang bibit pohon oak kuno di Sherman kedalam bukunya, sehingga pohon ini diberi nama Pohon Oak Mayor. 

3. Octopus Tree
kiddletsandsuch.blogspot.com
Octopus Tree atau gampangnya disebut sebagai pohon gurita ini terletak di Tillamook, Oregon, AS.  Batang-batang pohonnya ada banyak dan menjulang tinggi seperti kaki gurita. Lebih dari itu, pohon ini juga punya kisah misteri dari suku Indian. Menurut masyarakat sekitar, Octopus Tree usianya sudah mencapai 300 tahun. Siapa pun yang melihat Octopus Tree pasti dibuat takjub. Akan tetapi tahukah Anda, di balik keunikan pohon gurita ini ternyata terdapat kisah misteri yang dipercaya secara turun-temurun oleh masyarakat setempat.

Konon, puluhan ribu tahun yang lalu Suku Indian membentuk pohon tersebut menjadi seperti gurita yang dilihat sekarang ini. Mereka kemudian meletakan jenazah-jenazah yang ada di dalam kano dan memasukannya ke dalam batang-batang tersebut. Hal tersebut pun memakan waktu yang tak lama. Namun selain itu, masyarakat setempat juga percaya kalau ada juga peninggalan-peninggalan suku Indian yang dikubur di sekitar Octopus Tree. Jadi, Octopus Tree diyakini sebagai situs pemakaman Suku Indian.

4. Pohon Sakaki
poxe.ru
Pohon sakaki merupakan pohon rimbun dengan daun hijau yang ditemukan di dalam mitologi, literatur dan ritual sakral di Jepang. Dalam ajaran agama Shinto di Jepang, alam merupakan sesuatu yang disucikan. Objek alam dipuja sebagai roh suci (disebut kami). Terutama pohon Sakaki atau memiliki bahasa latin Cleyera japonica ini.

Menurut mitologi Jepang, pohon Sakaki memiliki peran yang signifikan di kisah penciptaan Jepang. Pada jaman dahulu hidup pasangan suci bernama Izanagi dan Isanami yang membuat pulau Jepang dan anak-anak mereka menjadi dewa-dewa di berbagai klan warga Jepang. 

Anak perempuan mereka, Amaterasu (Dewi yang bersinar nan agung) lahir dari mata kiri sang ayah yang akhirnya menjadi Dewi Matahari. Dari dewi inilah para keluarga kekaisaran Jepang mengakui mereka berasal.

Dalam berbagai ritual upacara keagaaman Shinto, sering menggunakan pohon Sakaki dan juga seringkali dijadikan kiasan dalam berbagai literatur dan karya-karya seni di Jepang. Sakaki juga disebut dalam penggalan tulisan kuno keagamaan yang menyebutkan bahwa pohon ini mewakili kesetiaan dan kestabilan selain itu juga mengekspresikan keberadaan yang abadi dan kekuatan dewi di kuil tersebut. 

5. The Bodhi Tree
jwleaf.org / Des 2004
Apakah kamu pernah mendengar Pohon Buddha? Pohon ini terletak di Bodh Gaya, India. Oleh penduduk sekitar, diyakini sebagai pohon dimana Siddhartha Gautama mencapai pencerahan sekitar 2.500 tahun yang lalu. Menurut teks-teks Buddhis, tepat setelah Buddha mencapai pencerahan, ia menatap pohon dalam rasa syukur dengan mata tak berkedip selama satu minggu. 

Pohon Buddha ini dianggap sebagai tempat suci bahkan selama masa Buddha oleh Raja Asoka, yang memegang sebuah festival setiap tahun untuk menghormatinya. Akan tetapi, sang ratu merupakan istri yang memiliki tipe pencemburu dan pohon itu akhirnya ditebang oleh mandu duri. Anehnya, pohon Bodhi tumbuh kembali di tempat yang sama dan dekat sebuah kuil megah yang dibangun di sebelahnya. Bahkan saat ini, pohon termasuk yang paling penting dari empat situs ziarah Buddhis.

6. Anne Frank Tree
insideouthv.blogspot.com
Pohon sering disebut pohon kuda kastanye yang terletak di Amsterdam. Dalam buku terkenal Diary of a Young Girl, mengisahkan tentang Frank dan keluarganya yang menghabiskan waktu untuk bersembunyi dari Nazi selama Perang Dunia II. Hampir setiap pagi Anne pergi ke loteng untuk menghirup udara segar yang merupakan tempat favoritnya. 

Pohon ikonik itu ditiup oleh angin kencang selama badai pada tanggal 23 Agustus 2010. Pohon ini menjadi sebuah sejarah tentang Anne dan rumah di mana dia dan keluarganya tinggal. Belakangan ini, pohon tersebut memburuk secara signifikan karena jamur dan ngengat kutu. The Borough Amsterdam Centrum menyatakan bahwa pohon itu harus ditebang pada tanggal 20 November 2007 karena risiko yang dinyatakan bisa jatuh ke bawah, tetapi pada 21 November 2007 seorang hakim mengeluarkan perintah sementara menghentikan penghapusan. 

Para aktivis mengembangkan rencana alternatif untuk menyelamatkan pohon. Kemudian para pendukung membentuk Yayasan Support Anne Frank Pohon yang dilaksanakan untuk mendukung, menyarankan, dan mengambil alih pemeliharaan pohon. Pada tanggal 23 Agustus 2010, pohon itu diterpa oleh badai angin kencang hingga patah sekitar 1 meter (3,3 kaki) dan jatuh di dinding taman. Pohon itu diperkirakan berusia antara 150 dan 170 tahun.

7. Pohon kehidupan
udivitelno.com
Pohon Kehidupan ini ditemukan di tengah gurun pasir di Bahrain, jauh dari organisme hidup lain atau sumber air. Ini adalah pohon mesquite berusia 400 tahun, yang akarnya dapat tumbuh lebih dari 160 meter, sehingga tangguh dalam iklim kering. Orang-orang terkadang sering menyebut pohon ini pohon keramat yang juga disebutkan dalam kitab-kitab. Apapun kasusnya, pohon luar biasa seperti ini menyebabkan legenda berkembang dan menarik perhatian pengunjung dari seluruh dunia untuk melihat sekilas kedahsyatan pohon besar ini.



No comments:

Mobile version