Saturday

9 Jalan Teramat Unik dan Menarik di Berbagai Penjuru Dunia

9 Jalan Teramat Unik dan Menarik di Berbagai Penjuru Dunia
One web id — Umumnya, jalanan dibuat oleh manusia di suatu tempat untuk menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya. Karena memang memiliki kegunaan yang sangat penting, beberapa kota besar pasti memiliki banyak jalan yang dibangun sedemikian rupa untuk mendukung kegiatan warganya.

Akan tetapi tahukah kamu, di berbagai penjuru dunia ini ada beberapa jalan yang dibangun dengan sangat unik dan luar biasa mempesona atau menarik. Sebagaimana dilansir oddee.com, berikut ini diantaranya yang bisa membuat kamu terpesona saat melihatnya. 

1. Jalan Yang Dipenuhi Oleh Payung Melayang
daisiesplusdaffodils.blogspot.com
Kawasan Agueda di Portugal memang sengaja dibuat sebagai instalasi seni oleh Sextafeira yang disebut sebagai Floating Umbrellas. Karena memang payung-payung yang dibiarkan mengambang di atas jalanan ini menjadi bagian dari festibal Agitagueda. Sehingga saat ratusan payung itu menutupi jalanan Agueda, menciptakan suasana teduh dan pemandangan yang teramat indah banyak orang yang menyukainya. Apakah kamu juga?

2. Hanya Boleh Melewati Sebelah Kanan
Savoy Hotel, London
By ChrisO at en.wikipedia, via Wikimedia Commons
Jalanan Savoy Court merupakan lokasi di mana hotel mewah Savoy berlokasi. Ini merupakan salah satu jalan di Inggris di mana kendaraan yang lewat hanya boleh melewati jalur kanan saja. Dengan bundaran hotel yang hanya selebar 8 meter, sepertinya hanya orang yang memang sangat menguasai teknik mengendarai kendaraan dengan baik yang boleh melaju di jalan Savoy Court.

3. Jalan Yang Berwarna Biru
Xaouen
By bachmont (originally posted to Flickr as vecindario), via Wikimedia Commons
Ada kemungkinan beberapa diantara kalian menyukai warna biru? Jika demikian maka kamu harus menyempatkan waktu untuk berkunjung ke jalanan biru yang terletak di Chefchaouen, Maroko. Di kawasan itu di antara bangunan, ada beberapa area jalan, rumah-rumah dan pintu yang diberi warna biru nan megah.

Sebetulnya warna biru yang ada di Chefchaouen ini dicat biru oleh para pengungsi Yahudi yang tinggal di sana selama tahun 1930. Keindahan pegunungan Chefchaouen tampak kontras dengan warna biru yang sangat cantik. Proporsi warna ini membuat Chefchaouen selalu ramai dikunjungi. 

4. Jalan Yang Dipenuhi Oleh Hiasan
oddee.com
Ketika orang-orang berbicara mengenai Gràcia maka itu pasti Vila de Gràcia sebuah pusat kebudayaan tua nan bersejarah. Karena bisa dibilang ini adalah salah satu pinggiran kota paling keren di Barcelona, Spanyol.

Jalan-jalan utama di Gran de Gràcia, Torrent de l'Olla dan Travessera memang selalu dipenuhi oleh aktivitas penduduk yang membuat Gràcia semakin unik. Sehingga Gràcia sengaja ditata agar menjadi lokasi ideal untuk pesta jalanan terutama saat Festa Major pada bulan Agustus. Bahkan persaingan untuk menjadi jalan dengan dekorasi terbaik membuat kawasan ini semakin unik dan dipenuhi hiasan.

5. Jalan Bebatuan
oddee.com
Roombeek merupakan sebuah jalan umum sekaligus kawasan inti ke wilayah kabupaten di sana. Dulunya, di Roombek ada sebuah sungai kecil yang mengalir di bawah tanah dan kini mencoba dihidupkan lagi oleh pemerintah setempat. Dengan desain asimetris, sungai bawah tanah itu 'dibawa' kembali ke atas jalan dan diberi hiasan bebatuan mengapung yang membuatnya semakin unik.

6. Jalan Ber-Merk Palsu
oddee.com
Ada sebuah humor yang mengatakan jika China merupakan negara yang suka sekali membuat produk tiruan. Bahkan apabila kamu berkesempatan untuk berkunjung ke kota Wuxi, maka kamu akan menemui jalanan yang di pinggirnya terdapat toko kopi bertuliskan SFFCCCKS, yang berjajar dengan toko H&N dan Appla.

Pasti kamu akan langsung berpikir jika nama-nama toko itu mirip dengan Starbucks, H&M dan Apple? Maka tak ada yang menyalahkanmu. Memang sangat konyol, tapi ternyata jalanan ini sudah menjadi lelucon di kalangan netizens. 

7. Jalan Yang Berwarna Pink
madeinportugal560.blogspot.com
Lisbon melakukan proyek rehabilitasi kota untuk kawasan Cais do Sodré yang justru menghasilkan sebuah karya budaya kreatif yang justru membuat Cais do Sodré semakin cantik. Proyek yang dibuat oleh José Adrião ini sukses membuat sebuah jalan pejalan kaki di Cais do Sodré dengan warna pink cerah. 

8. Jalan Karpet
oddee.com
Pulau Canary di Tenerife, terletak di lepas pantai Afrika dan lebih dikenal akan resort pinggiran pantai cantik yang sangat indah. Akan tetapi sepertinya orang-orang yang berkunjung ke kota bersejarah La Orotava saat bulan Juni memiliki tujuan lain yakni jalan-jalan yang dihiasi oleh karpet bunga rumit dan membuatnya begitu menakjubkan.

9. Jalan Geometris
oddee.com
Pada setiap tahunnya, sebuah desa kecil di daerah Swiss yaitu Vercorin selalu dikunjungi oleh para seniman. Apasih yang mereka lakukan? Ternyata mereka menghiasi jalan-jalan Vercorin. Menggunakan map, para seniman itu memasang titik geometri dari arah jalan menuju pusat alun-alun desa yang hasilnya lukisan itu membuat daerah Vercorin menjadi sangat futuristik.



No comments:

Mobile version