Friday

10 Manfaat Mengejutkan Buah Alpukat untuk Kesehatan Anda

One web id — Alpukat atau yang disebut juga sebagai Persea americana merupakan jenis tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Usut punya usut, tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini telah banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.
10 Manfaat Mengejutkan Buah Alpukat untuk Kesehatan Anda

Pohon, dengan batang mencapai tinggi 20 meter dengan daun sepanjang 12 hingga 25 sentimeter. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram, biji yang besar bisa mencapai 5 hingga 6,4 sentimeter.

Buah alpukat memang memiliki sejuta manfaat bagi manusia, dari mulai manfaat kesehatan, manfaat kecantikan dan manfaatnya sebagai makanan. Alpukat sendiri mempunyai nama latin Persea americana dan termasuk dalam keluarga Lauraceae. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah.

Ternyata selain enak dimakan dan dibuat jus, buah alpukat juga mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan tidak hanya buahnya saja, sebab biji dan daun alpukat juga memiliki khasiat yang sama dan sering dijadikan obat tradisional.

Buah alpukat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak heran jika sejak dulu buah ini merupakan buah yang sangat populer. bukan cuma karena rasanya, tapi juga karena khasiatnya. Berikut ini ada beberapa manfaat alpukat untuk kesehatan yang patut Anda ketahui diantaranya:

1. Menangkal Radikal Bebas
Kandungan minyak alpukat dapat menembus ke dalam mitokondria, bagian penting dari fungsi sel tubuh yang mengubah makanan menjadi energi. Kandungan anti-oksidan dalam buah-buahan dan sayuran seperti wortel atau tomat juga mampu memblokir radikal bebas, tetapi tidak mampu menembus ke dalam mitokondria.

2. Menjaga Tekanan Darah
Khasiat buah alpukat dapat membantu menjaga tekanan darah, ini karena buah alpukat mengandung potassium yang dapat menstabilkan tekanan darah, terutama dapat mencegah agar tidak terkena serangan darah tinggi. Serangan darah tinggi pun menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit stroke, penyakit yang membuat tubuh tidak dapat bergerak separuhnya. Tetapi dengan adanya kandungan potassium dalam buah alpukat, serangan darah tinggi, stroke ataupun penyakit penyumbat sirkulasi darah lainnya dapat diminimalisir.

3. Mencegah Stroke
Sebagaimana yang telah dijelaskan, memakan satu buah alpukat setiap hari dapat menghindarkan seseorang dari penyakit stroke. Hal ini dipengaruhi oleh adanya asam folat dalam buah alpukat yang cukup besar.

4. Menurunkan kolesterol
Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dan dapat meningkatkan HDL. Selain itu, alpukat juga mengandung betasitosterol yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Kombinasi betasitosterol dan lemak tak jenuh tunggal membuat alpukat merupakan makanan yang baik untuk memecah kolesterol. 

5. Mengatasi Sakit Maag
Sakit maag memang sangat menyebalkan, jika Anda salah satu pengidap penyakit ini sebaiknya mulai sekarang konsumsilah buah alpukat secara teratur.

6. Mengontrol gula darah
Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang mampu mengembalikan resistensi insulin, sehingga membantu tubuh untuk mengatur gula darah secara teratur. Selain itu, serat makanan di dalamnya juga membantu mempertahankan tingkat gula darah. 

7. Kesehatan jantung
Kandungan lemak pada alpukat sering dianggap dapat memberikan pengaruh buruk pada kesehatan. Padahal, lemak ini justru sangat baik untuk melindungi kesehatan jantung Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam oleat dalam alpukat dapat meningkatkan kesehatan jantung. Asam oleat merupakan asam lemak utama dalam alpukat. 

8. Kesehatan Mata
Tinggalkan krim mahal dan beralih ke alpukat. Masker alpukat adalah ramuan paling mujarab untuk mengurangi kantung mata. Cukup oleskan masker alpukat di sekitar mata dan diamkan selama 20 menit.

9. Mencegah kanker
Ekstrak alpukat dapat membunuh atau menghentikan pertumbuhan sel-sel prakanker yang dapat memicu kanker mulut. Tapi ekstrak ini juga diyakini mempunyai efek yang sama terjadap jenis kanker yang lainnya. Khasiat buah alpukat yang satu ini menurut beberapa peneliti dihasilkan oleh kandungan folat, vitamin C dan E serta Antioksidan.

10. Anti-inflamasi
Efek kombinasi dari nutrisi yang terkandung dalam alpukat menawarkan manfaat besar sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan). Kombinasi unik dari buah alpukat seperti Vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol dan omega-3 asam lemak membantu mencegah peradangan. Hal ini menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko penyakit osteoarthritis dan rematik.

Wah, lumayan banyak juga ya manfaat buah alpukat untuk kesehatan. Oleh karenanya Anda tak perlu ragu lagi untuk menikmati buah kaya manfaat ini. 



No comments:

Mobile version