Friday

Indahnya 10 Bangunan Megah Simbol Berbagai Agama di Seluruh Dunia

Indahnya 10 Bangunan Megah Simbol Berbagai Agama di Seluruh Dunia
One web id — Dalam kehidupan kita di dunia ini, agama dianggap sebagai sebuah hal sangat mendasar yang menjadi hak bagi siapapun yang percaya dengan keberadaan Tuhan Yang Maha Esa. Dengan sudah ribuan tahun kehidupan manusia berjalan di bumi, sudah banyak sekali agama yang berkembang.

Oleh karenanya, Seperti dilansir listverse.com, banyak agama yang berkembang di dunia ini dan dapat dipastikan bahwa setiap agama itu memiliki bangunan unik khas dari mereka masing-masing. Penasaran seperti apa bangunan indah milik tiap agama di dunia?

1. Islam (Masjidil Haram)
islamic-2010.blogspot.com
Masjidil Haram yang terletak di Mekah, Arab Saudi merupakan masjid terbesar dan paling suci bagi umat Islam. Menjadi rumah dari Ka'bah (pusat kiblat Muslim sedunia), di dalamnya terdapat batu hitam yang dipercaya jatuh dari Surga untuk nabi Adam dan Siti Hawa. Dalam ajaran Islam, Masjidil Haram akan dijaga kesuciannya oleh ribuan malaikat dan tentunya Allah SWT sendiri hingga akhir jaman nanti. Subhanallah.

2. Kristen (Basilika Santo Petrus)
noldyworone.blogspot.com
Dari sejak dulu kala, Basilika Santo Petrus yang terletak di kota Vatikan dan sudah menjadi pusat Gereja Katolik. Pada abad pertama Masehi, Santo Petrus dimakamkan di tempat itu setelah penyaliban Yesus, dirinya pun menjadi Paus pertama yang sangat diingat dan dihormati umat Kristen. Basilika dirancang oleh Donato Bramante, Michelangelo, Carlo Maderno, dan Gian Lorenco Bernini dan menjadi salah satu karya arsitektur renaisans terbesar saat ini.

3. Hindu (Kashi Vishwanath)
punithayatra.blogspot.com
Kashi Vishwanath merupakan salah satu dari kuil paling suci bagi umat Hindu yang keberadaannya terletak di Varanasi (kota yang disebutkan dalam kitab suci Hindu dan menjadi rumah dari Dewa Siwa), India. Umat Hindu diwajibkan berkunjung setidaknya sekali dalam seumur hidup ke Varanasi dan menyebarkan abu keluarga yang meninggal di sungai Ganghes. Hindu percaya bahwa Varanasi adalah kota tertua dalam sejarah manusia. Kuil Kashi Vishwanath memiliki puncak menara emas setinggi 15 meter.

4. Buddha (Kuil Mahabodhi)
indian-heritage-and-culture.blogspot.com
Tempat paling penting dalam agama Buddha adalah kuil Mahabodhi yang dibangun di lokasi yang dipercaya sebagai Pusat Bumi. Di lokasi ini ada Pohon Bodhi, di mana Buddha pertama dikatakan mencapai pencerahan sekitar 528 SM. Kuil ini ada di negara bagian Bihar, India. Sayangnya dalam beberapa tahun terakhir, lokasi ini diganggu dengan tuduhan kecurangan atas sumbangan dan keuntungan penjualan benda suci.

5. Konghucu (Kuil Konfusius)
johnsonsontheotherside.blogspot.com
Kuil Konfusius di Qufu, China adalah kuil paling penting untuk umat Konghucu. Semenjak dibangun untuk pertama kalinya, kuil ini tetap menjadi yang terbesar dan kini merupakan situs warisan dunia. Sebagai situs budaya terbesar di China modern, kuil ini sudah mengalami perbaikan saat pembangunan Kota Terlarang.

6. Baha'i (Kuil Lotus)
arkistudentscorner.blogspot.com
Walau bukan menjadi kuil utama bagi umat Baha'i, namun Kuil Lotus di India adalah kuil terbaru yang memiliki desain arsitektur paling menarik. Kuil Lotus dibangun berbentuk seperti bunga teratai yang sangat cantik. Dibangun pada 1986, Kuil Lotus bisa dianggap baru jika dibandingkan situs keagamaan lain dalam daftar ini. Hebatnya, semua agama dipersilahkan masuk ke kuil Lotus meski tak boleh ada khotbah yang diucapkan dan alat musik juga tak boleh meski boleh adanya musik.

7. Jainisme (Sri Digambar Jain Lal Mandir)
templesindia-omsai.blogspot.com
//picasaweb.google.com/lh/photo/j0aF9FEtjWaqNd3yfNRo_g
Sri Digambar Jain Lal Mandir merupakan kuil agama Jain terbesar dan tertua yang terletak di New Delhi, India. Menurut sejarahnya, kuil ini dibangun sejak 1656. Ternyata ada beberapa aturan menarik bagi siapapun yang ingin ke sana. Adapun aturan unik itu seperti tak ada makanan (bahkan remah-remah yang tersisa di mulut), tak ada bahan dari kulit makhluk hidup, tak boleh wanita menstruasi.

8. Yahudi (sinagoga)
Dohany synagogue budapest
cannundrum.blogspot.com
Meskipun tak ada kuil suci untuk umat Yahudi yang ditemukan, namun ada sebuah sinagoga (tempat ibadah orang Yahudi) yang cukup besar di Budapest, Hungaria. Sinagoga itu menjadi rumah ibadah terbesar di Eropa dan terbesar kelima di dunia. Rumah itu juga menjadi museum Holocaust, sekolah, serta pemakaman. Dibangun pada 1854, sinagoga itu mampu menampung 3.000 orang.

9. Pagan Romawi (Pantheon)
wmmorrisfanclub.blogspot.com
Walau mungkin bukan menjadi agama di abad modern, akan tetapi ada sebuah kuil yang pernah dibangun umat manusia untuk Dewa dan Dewi dalam mitologi Romawi Kuno. Bangunan yang disebut Pantheon ini dibangun pada abad ke-27 SM. Bahkan Pantheon ini pernah diambil alih menjadi Gereja Katolik ketika agama Pagan Romawi goyah. Namun elemen Pagan tetap ada yang membuatnya tampak cantik.

10. Sikh (Sri Harmandir Sahib)
Harmandir Sahib, Amritsar
Sri Harmandir Sahib dianggap sebagai salah satu situs paling suci bagi agama Sikh. Terletak di Punjab, India, bangunan ini dibangun pada 1574 Masehi. Di tempat ini terdapat tulisan suci untuk umat Sikh, Guru Granth Sahib yang merupakan kumpulan berbagai puisi, nyanyian, dan ajaran agama. Ternyata, kuil ini juga disebut Kuil Emas lantaran lantai dibagian atasnya yang mengandung emas asli.



No comments:

Mobile version