Saturday

7 Tempat Terekstrim dan Kering di Bumi yang Patut untuk Anda Ketahui

7 Tempat Terekstrim dan Kering di Bumi yang Patut untuk Anda Ketahui
One web id — Bagi kita yang tinggal di Indonesia, musim kemarau yang panjang sudah cukup terasa panas. Lantas, bagaimana jadinya jika Anda mengunjungi tempat-tempat yang paling ekstrim dan kering di dunia berikut ini? Adapun penyebab dari cuaca kering di tempat-tempat ini dikarenakan oleh rendahnya curah hujan tiap tahunnya. Sebagaimana dilansir dari All Women Stalk, ini dia paparan selengkapnya yang patut untuk Anda ketahui.

1. The Bonneville Salt Flats, Utah (Amerika Serikat)
historicsitesofthewest.blogspot.com
Merupakan gurun garam padat di Tooele County yang berada di barat laut Utah, Amerika Serikat. Daerah ini adalah sisa dari Pleistosen Danau Bonneville dan merupakan yang terbesar dari banyak dataran garam yang ada di sebelah barat dari Great Salt Lake. Di sini Anda bisa melihat hamparan daratan garam yang begitu luas. Banyak turis datang ke sini tiap tahunnya untuk menyaksikan fenomena garam ini.

2. Gurun Gobi (RRC - Mongolia)
pseudoplocephalus.blogspot.com
Gobi adalah sebuah kawasan gurun yang sangat besar di Republik Rakyat Cina dan bagian selatan Mongolia, yaitu di dekat pegunungan Himalaya. Saat mengunjungi Gurun Gobi, Anda akan mendapatkan pengalaman memerah susu unta dan juga belajar mengolah minuman lokal masyarakat nomaden.

3. Gurun di Australia
bugbog.com
Gurun-gurun pasir yang ada di Australia memang merupakan daerah yang paling ekstrem di dunia. Dengan suhu dan kondisi tanah yang begitu panas, hampir seluruh areanya jadi berwarna merah seakan-akan seperti api yang membara, sehingga dikenal dengan julukan Red Center. Jangan lupa menjelajah ke Uluru (Ayers Rock) untuk melihat kanguru dan binatang khas Australia lainnya di alam bebas.

4. Gurun Sahara (Afrika)
beautiworld1.blogspot.com
Siapapun pasti sudah mengetahui kisah panasnya Gurun Sahara, yang merupakan gurun pasir terbesar di dunia ini. Terbentang seluas kurang lebih 10 juta kilometer persegi, gurun ini melewati beberapa negara seperti Mesir, Algeria, Chad, Nigeria, Maroko, Tunisia, Sudan dan sebagian besar Afrika Utara?

5. Yuma, Arizona (Amerika Serikat)
summitpost.org
Yuma merupakan salah satu wilayah yang paling gersang di dataran Amerika. Ketika berkunjung ke Yuma, Anda tidak boleh melewatkan tur singkat ke The Yuma County Historical Society, The Organ Pipe Cactus Monument dan The Imperial Sand Dunes. Karena sinar matahari yang sangat berlimpah di sini, banyak turis yang menjadikan Yuma sebagai destinasi wisata untuk mencokelatkan kulit mereka.

6. Antartika (Kutub Selatan)
gallerybebas.blogspot.com
Tempat terdingin di muka bumi ini sebagian besar tertutup es sepanjang tahun. Mungkin fakta ini membuat Anda bingung. Bagaimana bisa tempat yang dikelilingi perairan dingin dan es yang super luas itu disebut sebagai tempat paling kering di dunia? Terlepas dari adanya dua fenomena alam tersebut, curah hujan di Antartika ternyata sangat rendah, rata-rata hanya 10cm per tahunnya. Turunnya salju juga terjadi di bagian pesisir, dengan catatan tertinggi 48 inchi dalam 48 jam. Meskipun begitu, antartika layak digolongkan sebagai tempat terekstrim di bumi.

7. Gurun Atacama (Amerika Selatan)
chobirdokan.com
Atacama adalah gurun pasir yang paling kering di kawasan timur bumi. Di sini terdapat satu monumen telapak tangan yang begitu terkenal yang biasa disebut sebagai Atacama Hand. Gurun ini melintasi beberapa negara di Amerika Selatan yaitu Chili, Bolivia, Peru, dan Argentina. Curah hujan di gurun ini hanya sekitar 11 mm per tahunnya.

Jadi, seandainya Anda berkesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat ekstrim ini, sebaiknya pastikan terlebih dahulu untuk membawa air minum yang banyak.



No comments:

Mobile version