Thursday

5 Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan yang Patut Anda Ketahui

One web id — Pare atau yang disebut juga sebagai peria merupakan salah satu dari tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah Asia Tropis, terutama daerah India bagian barat, yaitu Assam dan Burma. Pare adalah anggota dari suku labu-labuan atau Cucurbitaceae yang biasanya dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai sayuran maupun bahan pengobatan. 
5 Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan yang Patut Anda Ketahui

Nama Momordica yang melekat pada nama binomialnya berarti "gigitan" yang menunjukkan pemerian tepi daunnya yang bergerigi menyerupai bekas gigitan. Sudah tahukah anda, buah pare menjadi salah satu sayuran yang mempunyai sedikit penggemar. Penyebab utamanya adalah rasa pahit yang ada di dalam sayuran ini yang membuat banyak orang enggan untuk mengkonsumsinya. 

Tapi pada kenyataanya seperti dilansir dari boldsky.com, pare rupanya menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh Anda terutama bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. 

1. Meningkatkan metabolisme tubuh
Salah satu alasan pare sangat bermanfaat untuk program diet Anda adalah karena pare bermanfaat untuk kesehatan sistem metabolisme Anda sehingga dapat mempercepat program penurunan berat badan.

2. Mengontrol kolesterol
Rasa pahit yang ada di dalam buah pare bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Buah ini juga bermanfaat untuk program penurunan berat badan sebab dapat membantu Anda untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

3. Menyehatkan liver
Pare akan membantu mengeluarkan racun dan lemak dari dalam liver sehingga tubuh Anda akan menjadi lebih sehat. 

4. Membuang racun
Pare juga bermanfaat untuk membuang racun di dalam tubuh. Sehingga tidak hanya berat badan Anda saja yang turun, namun juga dapat membantu Anda meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Menyeimbangkan kadar insulin dalam tubuh
Selain dapat digunakan untuk mengontrol kolesterol, rasa pahit yang ada di dalam pare juga bermanfaat untuk menstabilkan tingkat insulin di dalam tubuh Anda. Tingginya kadar insulin dapat menyebabkan Anda selalu merasa lapar sehingga membuat Anda cenderung untuk mengkonsumsi banyak makanan.

Pare adalah sayuran yang terbagi dalam 2 jenis yaitu pare yang berwarna hijau tua dan hijau muda yang tergantung pada tempat di mana mereka tumbuh. Ada berbagai cara untuk menikmati pare seperti di kukus ataupun dijadikan tumisan. Bagi Anda para penggemar pare memang tak perlu kecewa dengan buah ini, pasalnya buah pare juga kaya akan manfaat. 



No comments:

Mobile version