Monday

Subhanallah, 9 Masjid Selamat dari Musibah Besar

Subhanallah, 9 Masjid Selamat dari Musibah Besar
One web id — Bencana alam dianggap sebagai sebuah ketentuan sang Illahi yang tak ada seorang pun di dunia ini tahu. Tatkala bencana terjadi, apa yang dapat dilakukan manusia adalah berlindung, menyelamatkan diri, dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Akan tetapi ada saja benda yang selalu dilindungi saat bencana alam. Salah satunya yang cukup terkenal adalah masjid. Banyak sekali kisah masjid selamat dari musibah besar. Tak percaya? Lihatlah Kebesaran Allah Yang Maha Esa... semoga kita dapat mengambil hikmah dari bencana alam yang telah terjadi ini.

1. Masjid Al Barkah di Situ Gintung
Masjid Situ Gintung
Pada saat terjangan air bah dan lumpur dari bendungan Situ Gintung membuat daerah sekelilingnya hancur, masjid Al Barkah justru kokoh berdiri. Ketika Situ Gintung yang berlokasi di Cireundeu, Tangerang itu jebol, hanya sedikit tembok bangunan masjid terlihat rusak.

2. Masjid Golcuk di Turki
norarineematsaaud.blogspot.com
Pada tahun 1999 silam, Turki diguncang gempa hebat yang merenggut nyawa lebih dari 40 ribu penduduk dengan korban luka lebih dari 44 ribu orang. Namun ajaibnya sebuah bangunan masjid di kawasan Golcuk tetap berdiri lengkap dengan menaranya, tak seperti bangunan di sekitarnya.

3. Masjid Baiturrahman di Aceh
nurudin.jauhari.net / 30 Des 2004
Siapa pun orang pasti tahu benar betapa maha dahsyatnya bencana Tsunami yang menerjang Aceh pada 26 Desember 2004. Kala itu gelombang Tsunami memang menyapu kawasan pesisir Aceh dengan begitu mengerikan. Tsunami meluluh lantahkan apapun yang dilewati. Namun satu bangunan berdiri kokoh pasca diguncang gempa 9 SR adalah masjid Baiturrahman yang menjadi tempat berlindung. Bahkan gelombang setinggi puluhan meter hanya sampai sepinggang yang masuk ke lingkungan masjid.

4. Masjid Jabalurrahman di Mentawai
fiksipicisan.blogspot.com
Tidak hanya masjid di Lhoknga dan Banda Aceh saja yang tetap kokoh saat tsunami menerjang kawasan pesisir Aceh dan merenggut nyawa ratusan ribu orang itu terjadi. Masjid Jabalurrahman di Mentawai juga sanggup berdiri dengan tegap meskipun air membawa material keras.

5. Masjid Al-Ikhlas, Lhoknga
Sama seperti masjid Baiturrahman di Banda Aceh, masjid Al-Ikhlas yang terletak di kawasan Lhoknga ini juga membuktikan kebesaran Illahi. Di mana bangunan ini menjadi satu-satunya yang selamat dari bencana gempa bumi dan tsunami yang menghempaskan Aceh pada akhir 2004 silam. Bahkan jamaah yang mencari perlindungan di Al-Ikhlas mengatakan jika air terbelah saat melewati masjid layaknya mukjizat Nabi Musa, padahal masjid ini dekat dengan pantai.

6. Masjid Al-Mujahidin di Yogyakarta
bujangmasjid.blogspot.com
Pada Oktober 2010, bencana gunung Merapi meletus membuat kawasan Yogyakarta begitu tegang. Saat Merapi mengeluarkan lava pijar dan awan panas, semua orang mengungsi. Awan panas itu pun menghancurkan seluruh bangunan dan makhluk hidup yang dilewati. Tapi tidak dengan masjid Al-Mujahidin yang tetap kokoh berdiri.

7. Masjid Kobe di Jepang
Masjid Kobe di Sannomiya
Masjid yang menjadi salah satu lokasi penting bagi umat Islam di Jepang ini diresmikan pada 1935 dan menjadi masjid pertama di Jepang. Masjid Kobe tetap utuh di tengah porak poranda alam sekitarnya tahun 1945, Kala itu Jepang terlibat perang Dunia Kedua. Penyerangan Jepang atas pelabuhan Pearl Harbour di Amerika telah membuat pemerintah Amerika memutuskan untuk menjatuhkan bom atom pertama kali dalam sebuah peperangan. Dan Jepang pun kalah. Dua kotanya, Nagasaki dan Hiroshima dibom Atom oleh Amerika. Saat itu, kota Kobe juga tidak ketinggalan menerima akibatnya. Boleh dibilang Kobe menjadi rata dengan tanah. 

Dan ajaibnya, ternyata masjid ini masih berdiri kokoh. Akan tetapi, kekokohan Masjid Kobe diuji lagi dengan Gempa Bumi paling dahsyat tahun 1995. Tepatnya pada pukul 05.46 Selasa, 17 Januari 1995. Gempa ini sebenarnya bukan hanya menimpa Kobe, tapi juga menimpa kawasan sekitarnya seperti South Hyogo, Hyogo-ken Nanbu, dan lainnya. Diperkirakan telah menelan korban 140 ribu jiwa di mana lagi-lagi masjid Kobe tetap kokoh berdiri.

8. Masjid At Tawhid di Haiti
eramuslim.com / 27 Jan 2010
Gempa dahsyat yang mengguncang Haiti di tahun 2010 menyebabkan ribuan orang tewas. Istana kepresidenan Haiti dan berbagai gedung-gedung pemerintah di ibukota negara Port-au-Prince runtuh setelah getaran. Sebuah rumah sakit juga rata dengan tanah, dan dilaporkan seluruh pasiennya terkubur di bawah reruntuhan. 

Namun tidak sama yang terjadi dengan sebuah masjid bernama At-tauhid ini. Sebab masjid ini tetap berdiri kokoh dan menjadi tempat para korban gempa, baik yang muslim ataupun non muslim untuk mengungsi.

9. Masjid Al Fatihah di Haiti
haitixchange.com / 5 Feb 2009
Selain masjid At-Tawhid, masjid Al-Fatihah di kawasan Haiti juga menjadi saksi kelam hebatnya gempa bumi pada 2010 silam. Bahkan ketika istana kepresidenan Haiti harus hancur bersama gedung pemerintahan lainnya, Al-Fatihah tetap kokoh berdiri dan hanya mengalami retak di dinding luar.



No comments:

Mobile version